Kamis, 13 September 2012

MEREDAKAN SAKIT DIPERUT

Jakarta, Jika perut terasa tidak nyaman seperti kembung, mual dan kram, jangan buru-buru mengambil obat. Anda dapat meredakan rasa tidak nyaman di perut dengan cara yang lebih alami dan dapat dibuat sendiri di rumah.

Berikut cara alami untuk meredakan rasa tidak nyaman di perut, seperti dilansir besthealthmag,Senin (10/9/12) antara lain:

1. Menenangkan perut mulas

Untuk menghilangkan rasa mulas di perut, atasi dengan merebus jahe dan licorice. Kemudian tambahkan satu sendok teh bunga chamomile kering, saring ke dalam cangkir dan minumlah selagi hangat.

Campuran jahe, licorice dan chamomile diketahui bermanfaat bagi orang yang sering menderita perut kembung dan mulas. Khasiat jahe sendiri dapat mengeluarkan angin dalam perut, sehingga mencegah kembung dan kram akibat mulas berlebihan.

2. Mengobati kejang di perut

Beberapa jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur seperti adas manis dan biji jintan mengandung minyak yang dapat menenangkan kejang di perut dan meredakan mual. Kunyahlah adas atau jintan beberapa menit dan meludahkannya, ulangi hal ini hingga tiga kali sehari.

3. Mengatasi mual karena mabuk perjalanan

Mengambil obat mabuk perjalanan di apotek mungkin akan membuat Anda mengantuk dan membahayakan perjalanan. Atasi mual dan muntah karena mabuk perjalanan dengan minum rebusan air lemon, madu serta daun peppermint.

Masukkan air rebusan lemon tersebut ke dalam termos agar dapat dibawa selama perjalanan dan dapat diminum untuk meredakan gejala mabuk perjalanan. Selain minum air lemon, Anda juga dapat meringankan mabuk perjalanan dengan mengunyah jahe atau mengambil permen jahe.

4. Mengatasi cegukan

Obat untuk mengatasi cegukan tidak dapat Anda peroleh di apotek, Anda dapat mengobatinya dengan mengulum satu sendok teh gula atau bubuk coklat. Cegukan akan menghilang dengan sendirinya setelah gula atau bubuk coklat tersebut habis.

5. Meredakan diare

Diare akan menempatkan Anda pada risiko dehidrasi jika tidak segera ditangani, oleh karena itu Anda perlu mengobatinya dengan minum rebusan daun blackberi atau raspberi kering untuk mencegah dehidrasi dan meredakan diare.

Selain menguras cairan tubuh dan menyebabkan dehidrasi, diare juga menguras elektrolit tubuh yang dapat berbahaya bagi tubuh. Minumlah larutan garam yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis untuk mengembalikan elektrolit tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar